Masalah-masalah pada Jaringan

Masalah-masalah pada Jaringan



Masalah-masalah pada Jaringan

    Sebelumnya sudah dikethui untuk memahami dalan suatu sistem jalan di jaringan . Utuk artikel pdf kemungkinan bisa kalian akses dari masing masing alamat. Dan berikut ini merupakan ringkasan yang saya buat dari beberapa web yang saya analisis untuk tugas (khususnya),tapi juga bisa untuk menyimpan pengetahuan untuk saya sendiri ataupun pembaca. Cekidot..!!



11.    Gangguan atau Kerusakan pada Hub/switch
Hub/switch merupakan terminal atau pembagi signal data bagi kartu jaringan (Network Card). Jika Hub mengalami kerusakan berarti seluruh jaringan juga tidak dapat berfungsi untuk berkomunikasi antar workstation atau komputer workstation dengan server. Apabila terjadi kerusakan pada Hub dapat dilihat pada lampu indikator power dan lampu indikator untuk masing masing workstation. Apabila lampu indikator power Hub/switch mati berarti kemungkinan besar Hub tersebut rusak. Jika ada lampu indikator workstation yang tidak menyala menyatakan bahwa komputer workstation sedang tidak aktif (tidak hidup) atau ada gangguan pada komputer workstation tersebut.
            Jika terjadi kerusakan pada HUB maka pertama kita harus mengecek apakah HUB yang kita gunakan memang sudah rusak atau hanya mengalami gangguan saja,namun jika HUB yang kita gunakan memang benar-benar positif rusak maka kita perlu menggantinya dengan HUB yang baru atau dapat diperbaiki ditempat service khusus.namun saran kami lebih baik mengganti dengan yang baru selain kwalitasnya yang lebih bagus biasanya biaya memperbaiki hampir sama dengan biaya membeli baru.
2.  Masalah Jaringan karena kegagalan sistem
Kegagalan sistem bisa saja terjadi karena ada masalah dengan DHCP server anda sehingga client tidak menerima IP address. Bisa juga karena ada masalah dengan sistem directory services anda, sehingga client tidak bisa logon kejaringan. Selain itu, bisa juga karena ada masalah dengan register nama pada sistem dns anda.

3.  Tidak bisa sharing data
Hal ini sering terjadi dikarenakan sharing pada computer masih di disable jadi kita harus mengaktifkan dengan cara memilih file atau folder yang ingin kita sharingkan datanya dengan cara, Klik kanan pada folder atau file tersebut lalu pilih sharing. Jika masih tidak bisa juga kemungkinan sedang terjadi “hang” pada PC anda. Dan yang harus ditempuh adalah merestar komputer.
Image result for oksigen
Hal ini juga sering terjadi karena IP yang kita gunakan salah atau sama dengan IP komputer lainnya. Ganti dengan IP yang beda.



4.   Kesalahan jaringan karena ledakan virus
Jenis masalah jaringan yang satu ini terjadi bukan karena kegagalan insfrastruktur jaringan fisik, akan tetapi sistem jaringan anda kebanjiran traffic sebagai pengaruh dari virus yang menyerang sistem server dan menulari semua komputer dalam jaringan anda.
Kinerja dari sistem jaringan anda akan menjadi sangat lambat, bahkan boleh dibilang ambruk. Apa yang bisa anda lakukan dengan serangan virus ini ialah menerapkan best practice security policy, pertahanan sistem yang kebal.
Dari segala macam masalaha jaringan anda sebagai network dan sistem administrator haruslah bisa menyelesaikan masalah masalah. Tidak peduli apakah masalah tersebut meruakan kegagalan piranti jaringan anda, masalah sistem komputer anda, ataupun intruder yang menyerang sistem insfrastruktur anda. Suatu design jaringan redudansi yang bagus dan sistem manajemen yang bagus merupakan suatu keharusan dalam skala jaringan yang bersifat luas dan kompleks.
5.    Koneksi Lambat
Penyebab : Banyaknya PC yang disharing.
Aktifitas Client-client PC yang Download atau Upload Malware (Virus, Trojan, Spyware) yang menghabiskan Bandwidth anda Kondisi PC yang Memang Lambat
Solusi :

1. Gunakan Bandwidth management Gunakan antivirus atau anti Spyware.
2. Solusi: Menambah Kecepatan Koneksi Internet Menambah kecepatan akses internet sangat diinginkan para pengguna internet. Ada banyak cara digunakan untuk menambah kecepatan akses koneksi internet, dari cara simpel menonaktifkan loading gambar pada browser hingga penggunaan software tertentu.

6.    Tidak Muncul LAN
Masalah
1.Kemungkinan Driver belum terinstall.
2.Pemasangan kartu jaringan kurang baik.
3.Kemungkinan slot pci kotor atau rusak.
4.Kartu jaringan rusak.
Solusi :
1.Cari dan install Driver yang sesuai dengan kartu jaringan.
2.Periksa pemasangan kartu jaringan.
3.Bersihkan slot pci yang kotor atau pindahkan ke slot pci yang lain.
4.Ganti kartu jaringan.

7.    LAN Tidak Berkedip

Hal ini sering terjadi karena kita dalam memasang konektor kurang tepat, coba lihat lampu indicator pada konektor apakah sudah menyala atau belum. Jika belum coba cabut dan tancapkan kembali, setelah itu kalau masih belum coba periksa konektor pada HUB apakah sudah dikonekan dengan HUB atau belum. Jika belum konekkan hingga lampu indicator pada HUB menyala dan pada komputer muncul menu pesan Connetion 100 Mbps. IP yang kita gunakan sama dengan komputer lain. Gunakan program IP Scan untuk melihat IP yang sedang aktif dan IP yang masih kosong. Atau dengan Ganti Konektor (RJ-45) dengan yang baru , dang anti apabila perlu. Dan juga periksa susunan warna kabelnya, juga kerapatan antara kabel dengan konektor.


8.    Koneksi Anatara Komputer Dengan Acces Point Lambat

Masalah :
Lemungkinan karena jarak yang terlalu jauh antara komputer dengan acces point.
Solusi     :
Memperdekat jarak antara komputer dengan accespoint.

9.    Printer Tidak Dapat di Akses Komputer Lain
Masalah :
Dikarenakan printer tersebut belum di sharin
Solusi     :
Caranya masuk ke control panel printers and faxes, lalu pilih printer yang akan di sharing lalu klik kanan, pilih sharing, kemudian pilih sharing this printer lalu klik ok.

10. Status Jaringan Connected tapi Tidak Terhubung dengn Iternet
Jika anda bisa mengkases website tertentu akan tetapi website yang lain bagus, berarti tidak ada masalah pada sisi jaringan anda. Masalah terletak pada fihak ISP yang mungkin salah satu backbonenya rusak atau putus. Jika sama sekali anda tidak bisa membuka internet kemanapun, teruskan langkah berikut.
Lepaskan sambungan modem yang ke line telpon atau Cable line, tunggu beberapa saat barang semenit kemudian koneksikan lagi.
Lepaskan sambungan wireless router dari modem (sambungan antara port LAN pada modem dan port WAN pada wireless router), tunggu beberapa saat kemudian sambung lagi. Ini jika anda mempunyai perangkat terpisah antara wireless router dan modem.
Restart komputer anda dan ulangi untuk membuka dan akses website. Jika anda bisa mengkases website akan tetapi koneksinya lambat sekali sementara komputer lain bisa mengkases (jika ada lebih dari dua komputer dalam jaringan) anda bisa mencurigai beberapa komputer yang lain sedang mengkonsumsi bandwidth sangat intensive mungkin sedang streaming HD media dari internet atau banyak melakukan sharing files dengan beberapa komputer. tutup di komputer lain tersebut beberapa aplikasi yang mencurigakan dan bila perlu matikan sementara untuk memastikan masalah. Jika tak satupun website terbuka, maka lakukan langkah berikut ini.
Jika anda mempunyai modem dan wireless router terpisah, cobalah putuskan koneksi ke wireless router dan koneksikan komputer anda langsung kepada modem. Restart komputer anda dan coba lagi akses internet. Jika anda sukses akses ke internet, maka anda bisa memastikan ada masalah dengan wireless router anda.
Jika langkah tersebut masih juga belum berhasil akses internet, maka bisa dipastikan ada masalah dengan modem anda atau ada masalah dengan IS P anda. Telpon ISP anda untuk memastikan kalau ada masalah dengan layanan Internet.


11. Network kabel Unpluged
Lakukan pengecekan kabel LAN. Setelah yakin tidak ada masalah dengan pengkabelan, masuk ke Network Connection di Control Panel. Klik ganda Local Area Network yang bermasalah. Klik tab Properti, pada jendela “Connect using :” klik tab Configure. Selanjutnya pada jendela baru yang muncul, klik Advanced lalu Sorot Link Speed/Duplex Mode, pada jendela dropdown di sebelahnya ubah nilainya. Coba satu per satu nilai yang ditawarkan sampai LAN terkoneksi.

12. Wirrelless Not Connected
Klik "Open Network and Sharing Center" melalui icon wireless di bagian kanan bawah dekstop laptop anda.Klik pada area bergaris merah "Change adapter settings".Dan anda akan diarahkan kejendela berikutnya seperti gambar dibawah.Klik kanan pada "wireless Network Connection" lalu pilih Enable.

Semoga bermanfaat untuk saat ini dan kedepanya . selamat belajar Jaringan dan baca-baca artikel yang lain .. 

.



0 Comments:

Posting Komentar

Thank you for your comment.

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567