Pengertian dan Rangkaian Materi Sederhana Dari Firewall






FIREWALL
A.    Pengertian
Firewall diartikan dalam Bahasa Indonesia adalah Dinding Api . Jika dihubungkan dengan teknis Jaringan artinya adalah dinding api dimana setiap data yang keluar masuk akan melalui dinding api tersebut. Firewall dalam sebuah jaringan berarti bagian sistem yang bertugas untuk memproteksi, mem-filter keluar masuknya data dalam jaringan, dan menjamin setiap traffic data berjalan dengan baik.
Firewall tersusun atas aturan-aturan yang diterapkan baik terhadap hardware, sotware, ataupun sistem itu sendiri dengan tujuan untuk melindungi jaringan, baik dengan melakukan filterisasi, membatasi, ataupun menolak suatu permintaan koneksi dari jaringan luar lainnya seperti internet.
Beberapa proses yang memungkinkannya melindungi jaringan di firewall terjadi ada 3 macam proses yang terjadi pada Firewall :
1.      Modifikasi Header Packet, yaitu digunakan untuk memodifikasi kualitas  layanan bit paket TCP sebelum mengalami proses routing.
2.      Translasi Alamat Jaringan, translasi yang terjadi dapat berupa translasi dari satu ke satu (one to one), yaitu satu alamat IP Private dipetakan kesatu alamat IP Publik atau translasi banyak ke satu (many to one) yaitu beberapa alamat IP Private dipetakan kesatu alamat IP Publik.
3.      Filter Packet, digunakan untuk menentukan kelanjutan paket apakah dapat diteruskan atau tidak.

B.     Jenis-jenis Firewall
1.      Packet Filtering Gateway
Packet Filtering Gateway è firewall yang bertugas melakukan filterisasi terhadap paket-paket yang datang dari luar jaringan yang dilindunginya.
2.      Application Layer Gateway
a.       Application Layer Gateway è dapat disebut sebagai Proxy Firewall. Mekanismenya bisa mencapai isi (content) paket tersebut.
b.      Application Layer Gateway  melakukan filterisasi pada Application Layer.
3.      Circuit Level Gateway
a.       Circuit Level Gateway è melakukan pengawasan terhadap hubungan TCP yang biasa disebut sebagai TCP Handshaking, yaitu proses untuk menentukan apakah sesi hubungan tersebut diperbolehkan atau tidak.
b.      Circuit Level Gateway è bekerja pada Transport Layer.
4.      Statefull Multilayer Inspection Firewall
Statefull Multilayer Inspection Firewall è merupakan penggabungan dari ketiga firewall Circuit Level Gateway. Sehingga firewall ini merupakan firewall yang memberikan fitur terbanyak dan memberikan tingkat keamanan paling tinggi.

C.    Aplikasi Firewall
Saat kita memfungsikan komputer sebagai sebuah hardware yang mengatur sistem firewall jaringan, kita harus menginstall sistem operasi yang handal, fleksibel, dan mampu menangani sistem firewall dengan baik. Biasanya aplikasi firewall yang dapat di-instal ke dalam OS berbasic Unix atau Linux.
D.    Tipe Dasar Firewall
1.      Packet Firewalls
Sistem dirancang dan dikonfigurasi pada router terluar yang menghubungkan jaringan luar dengan jaringan dalam (LAN) sehingga fungsi router tersebut sebagai pem-filter setiap paket data yang keluar atau masuk menuuju jaringan dalam (LAN).
2.      Traditional Proxy-Based Firewalls
Biasanya diterapkan pada sistem proxy yg transparan dimana secara tidaknyata akan memaksanya secara otomatis melakukan request ke sebuah layanan tertentu.
3.      Packet-Rewriting Firewalls
Firewall melakukan rewriting setiap paket data dari IP address yang berasal dari jaringan lokal atau jaringan internet. Paket data yg berasal dari luar menuju internal network akan ditangani oleh sistem proxy.
4.      Screens
Menggunakan single interface untuk memantau meneruskan serta memfilter keluar masuk paket data.



E.     Arsitektur Firewall
Ada empat jenis arsitektur firewall yang sering digunakan untukmembangun jaringan yaitu :
1.      Arsitektur firewall dengan Dial Up
Model firewall yang sering digunakan jaringan lokal yang terhubung dengan internet dengan menggunakan piranti modem sebagai dial up.
2.      Arsitektur Firewall SingleRouter
Koneksi terhubung langsung ke sebuah router melalui interface dan diteruskan kejaringan lokal pada interface lainnya.
3.      Arsitektur firewall dengan Proxy Server
Selain menjadi gateway router juga diinstal dan diseting menjadi proxy sever.
4.      Arsitektur Firewall Kompleks
Firewall yang terpasang tidak hanya berfungsi sebagai hardware, tetapi juga sebagaipintu masukdan penyaring datayang menuju kemesin lainnya.
F.     Fungsi Firewall Dalam Jaringan
1.      Memastikan setiap transmisi data yang keluar atau masuk selalu disaring sesuai dengan security policy seperti yang telah ditetapkan.
2.      Membatasi setiap permintaan data dari luar yang masuk ke jaringan dan sebaliknya serta memastikan tidak ada data terlarang yang berhasil ditransmisikan keluar jaringan.
3.      Mencegah akses oleh pihak-pihak yang tidak memiliki hak terhadap jaringan dan server yang cenderung merusak sistem jaringan.
4.      Memodifikasi isi paket data yang ditransmisikan.
5.      Sebagai autentifikasi paket data yang dikirimkan  atau diterima.

Pengertian dan Rangkaian Materi Sederhana  Dari Firewall

0 Comments:

Posting Komentar

Thank you for your comment.

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567